Selasa, 10 Mei 2016

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat atau Persea americana adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, buah ini banyak di budidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman monokultur, dan sebagai tanaman pekarangan di daerah lain dengan iklim tropika di dunia.

Alpukat di indonesia banyak di gunakan sebagai jus atau campuran es teler, ternyata tidak hanya enak buah nya tapi alpukat juga mempunyai banyak manfaat, Berikut manfaat alpukat :

1. Sebagai perlindungan mata

Alpukat jika di konsumsi dapat meningkatkan tingkat Lutein yang dapat melindungi mata dari terjadinya degenerasi makular dan pembentukan katarak.

2. Alpukat dapat mengurangi kolesterol

Sebuah studi yang di lakukan dalam satu minggu menunjukan, bahwa kadar kolesterol pada mereka yang makan lebih banyak alpukat dari biasanya turun 17%. Para peneliti percaya bahwa hal ini di sebabkan oleh beta-sitosterol yang di temukan pada alpukat yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

3. Alpukat dapat membantu dalam pencegahan penyakit stroke

Alpukat mengandung folat yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan dapat berperan dalam mengurangi kemungkinan stroke.Orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung folat, telah terbukti mempunyai kemungkinan lebih kecil terkena stroke jika di bandingkan dengan mereka yang memakan lebih sedikit folat dalam diet sehari hari.

4. Alpukat dapat membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik

Alpukat, jika di tambahkan ke dalam makanan dapat meningkatkan jumlah karotenoid yang dapat di serap dari makanan hinggal 5 kali.Karotenoid, termasuk beta karoten dan likopen, adalah zat nutrisi yang penting untuk kesehatan. Nutrisi dan enzim yang terdapat dalam alpukat dapat mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus halus.

5. Alpukat sebagai makanan untuk otak

Alpukat merupakan makanan terbaik untuk kesehatan otak. Buah ini dapat membantu mengurangi resiko terkena Alzheimer. Nutrisi alami pada alpukat seperti omega, lemak dan Vitamin E pada alpukat telah terbukti secara klinis dapat menghentikan penyakit alzheimer.

6. Alpukat dapat mempercantik kulit

Alpukat mengandung lemak dan vitamin E yang dapat menjaga keindahan kulit dan memperlambat keriput pada kulit.

7. Alpukat sebagai makanan berserat

Kandungan dalam alpukat yaitu serat larut dan tidak larut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dengan mencegah penyerapan kembali, membantu menjaga fungsi usus dan membantu tubuh untuk menghindari naiknya lonjakan gula darah setelah makan.

8. Alpukat banyak mengandung vitamin E

Alpukat memiliki kandungan vitamin e paling tinggi. Vitamin E sangat penting untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Vitamin E juga mempunyai efek positif dalam pencegahan penyakit jantung, stroke dan di klaim mempunyai sifat anti penuaan.

9. Alpukat mempunyai banyak lemak 'baik'

Lemak 'baik' atau lemak tak jenuh tunggal banyak di temukan pada alpukat, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu membalikan resistensi insulin, yang dapat mengarah pada pengembangan diabetes tipe 2.

10. Alpukat mempunyai manfaat dalam kehamilan

Alpukat merupakan pilihan yang baik bagi ibu hamil karena mengandung asam folat yang sangat baik untuk perkembangan janin yang sehat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar